Tampang

Museum Tosan Aji, Museum Khusus yang Memamerkan Beragam Keris dan Senjata Pusaka

9 Jun 2018 20:27 wib. 3.698
0 0
Museum Tosan Aji, Museum Khusus yang Memamerkan Beragam Keris dan Senjata Pusaka

Perawatan tosan aji biasanya tidak seperti merawat barang pada umumnya, setiap penanggalan Jawa atau satu Sura diadakan sebuah ritus jamasan pusaka. Namun dalam ritual di museum tidak mengenal bulan Sura, hanya sebagai simbol saja. Dilakukan kapan saja selama ada waktu.

Koleksi pusaka yang dimiliki museum ini lebih dari 1.000 bilah senjata. Tidak saja berasal dari peninggalan Kerajaan Majapahit tapi juga dari masa Kerajaan Pajajaran. Tersimpan pula benda-benda cagar budaya lain.

Museum Tosan Aji letaknya sangat mudah dicapai karena terletak di pusat kota Purworejo. Jika ingin ke sana, pergilah ke Alun-alun Purworejo. Setelah sampai di alun-alun, jalan ke selatan sekitar lima menit. Museum itu sendiri letaknya persis di samping Polres Purworejo.

Museum Tosan Aji hanya terdiri atas ruang pamer dan tidak perlu waktu lama untuk menelusurinya. Namun, sejak memasuki gerbang, kesan suasana tempo dulu sudah terasa. Suasana masa kerajaan membuat pengunjung lebih bisa menghargai apa yang menjadi budaya bangsa.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?