Tampang

Mengenal Selat Muria yang Hilang dan Apakah Bisa Muncul Kembali?

4 Apr 2024 12:56 wib. 44
0 0
Mengenal Selat Muria yang Hilang dan Apakah Bisa Muncul Kembali?
Sumber foto: Popmama.com

Kita pasti tahu Indonesia kaya akan keindahan alamnya, kan? Nah, salah satu tempat yang perlu banget kita kenal adalah Selat Muria, yang sayangnya, udah ilang dari peta Indonesia. Padahal dulu, Selat Muria tuh jadi salah satu ikon perairan Indonesia, loh!

Kalo kita ngeliat peta Indonesia, Selat Muria itu sebenernya terletak di antara Jawa Tengah dan Jawa Timur, dekat sama Kepulauan Karimun Jawa. Dengan posisinya yang strategis, selat ini dulu jadi jalur pelayaran penting antara Jawa dan Kalimantan. Apalagi, keindahan alamnya bisa bikin kita semua terpesona, bro! Dan tentunya, keberadaan Selat Muria juga ngebantu para nelayan dan masyarakat sekitarnya untuk mencari rezeki.

Tapi kok sekarang Selat Muria ilang ya? Nah, nggak semuanya ilang, sih. Tapi emang peta Indonesia udah nggak ada nama Selat Muria lagi. Kabarnya, Selat Muria "hilang" gara-gara perubahan geografis, bro. Seiring berjalannya waktu, kondisi alam itu emang nggak bisa dihindari, dan itu juga berpengaruh sama gejala-gejala alam kayak gempa bumi dan letusan gunung berapi.

Salah satu teori yang muncul adalah bahwa pergerakan lempeng bumi di daerah tersebut membuat Selat Muria berubah secara drastis. Ada yang bilang lempeng bumi di daerah itu udah mulai beranjak dari posisinya dan membuat bentukan alam di sekitarnya juga ikutan berubah. Hal ini diperparah lagi dengan bencana alam yang sering terjadi di Indonesia, kayak gempa bumi dan letusan gunung berapi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?