Tampang

Museum Aceh: Jendela Sejarah dan Budaya Tanah Rencong

26 Jul 2024 11:06 wib. 188
0 0
Museum Aceh: Jendela Sejarah dan Budaya Tanah Rencong
Sumber foto: Google

Museum Aceh, berdiri megah di jantung Kota Banda Aceh, merupakan institusi yang berfungsi sebagai jendela penting untuk mengenal lebih dalam tentang kekayaan sejarah, budaya, dan alam Aceh. Sejak didirikan pada tahun 1915 oleh pemerintah kolonial Belanda dengan nama Acehsche Museum, museum ini telah menjadi pusat pelestarian dan penyajian berbagai koleksi berharga yang meliputi berbagai aspek kehidupan masyarakat Aceh dari masa lampau hingga masa kini.

Sejarah dan Koleksi

Awalnya bernama Acehsche Museum, museum ini berlokasi di bangunan kecil di Peunayong sebelum akhirnya pindah ke gedung yang lebih besar di Jalan Sultan Alaidin Mahmudsyah, Banda Aceh, pada tahun 1974 setelah Indonesia merdeka. Museum Aceh memiliki koleksi yang sangat beragam dan lengkap, termasuk artefak prasejarah, naskah kuno, senjata tradisional, pakaian adat, peralatan rumah tangga, uang kuno, serta karya seni rupa.

Arsitektur museum ini sendiri merupakan perpaduan yang unik antara gaya Aceh dan Eropa, menciptakan suasana yang menawan bagi para pengunjungnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Manfaat Daun Kelor bagi Kesehatan
0 Suka, 0 Komentar, 24 Jun 2024

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.