Tampang

Waktu Optimal untuk Olahraga Meningkatkan Kesehatan pada Orang yang Memiliki Masalah Gula Darah

16 Jun 2024 18:15 wib. 37
0 0
Olahraga pada Orang yang Memiliki Masalah Gula Darah
Sumber foto: google

Sebuah penelitian terbaru yang diterbitkan di jurnal Obesity menemukan bahwa melakukan olahraga pada malam hari dapat efektif dalam menurunkan kadar gula darah, terutama bagi individu dengan gangguan regulasi glukosa. Temuan ini dianggap penting untuk memberikan landasan presisi bagi praktik klinis dalam meresepkan program latihan fisik bagi pasien-pasien tertentu.

Studi mengenai kaitan waktu olahraga dengan efektivitasnya ini didasarkan pada data yang dikumpulkan dari uji coba terkontrol yang melibatkan orang dewasa dengan kelebihan berat badan di Spanyol. Uji coba tersebut bertujuan untuk meramalkan efek dan kelayakan makan dengan membatasi waktu olahraga pada jaringan adiposa visceral, komposisi tubuh, dan faktor risiko kardiometabolik.

Sebanyak 186 peserta berusia rata-rata 46 tahun dan memiliki indeks massa tubuh 32,9 kg/m2 terlibat dalam penelitian ini. Selama dua minggu, para peneliti memantau aktivitas fisik dan pola glukosa peserta menggunakan alat pemantau akselerometer triaksial yang dipasang pada pergelangan tangan non-dominan serta perangkat pemantau glukosa kontinu.

Peserta kemudian dikelompokkan berdasarkan akumulasi aktivitas fisik moderat hingga berat setiap harinya. Mereka yang melakukan lebih dari 50 persen aktivitas fisik terakumulasi antara jam 06.00 pagi dan siang hari dikategorikan sebagai tipe "pagi", sementara mereka yang beraktivitas terutama antara siang hingga jam 18.00 dianggap sebagai tipe "sore", dan yang aktif dari jam 18.00 hingga tengah malam disebut tipe "malam".

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Naik Kereta Api di Zaman Now...
0 Suka, 0 Komentar, 26 Jun 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%