Tampang

X Terancam Diblokir, Elaelo Bakal Jadi The Next Social Media

19 Jun 2024 18:55 wib. 45
0 0
X Terancam Diblokir, Elaelo Bakal Jadi The Next Social Media
Sumber foto: Viva.com

Dunia maya dihebohkan dengan polemik seputar X (sebelumnya dikenal sebagai Twitter) dan munculnya Elaelo yang dianggap akan menjadi pengganti X. Menurut laporan dari Detik, Elaelo.id menjadi perbincangan hangat setelah tersebar luas di berbagai platform media sosial oleh sejumlah pihak. Narasinya sebagai media sosial lokal pengganti X/Twitter, ditambah dengan tampilan logo Garuda Pancasila, menarik perhatian banyak netizen. Meskipun begitu, banyak pengguna yang telah mencobanya merasa kecewa dengan pengalaman menggunakan platform tersebut. Hari Senin (17/6/2024) sore ketika detikINET mencoba mengaksesnya, situs ini sudah di-suspend. Petang kemarin, Elaelo sudah tidak bisa diakses sama sekali.

Namun pada hari Selasa (18/6/2024) ini, Elaelo kembali muncul meskipun masih belum sepenuhnya dapat diakses. Saat mencoba membuka elaelo.id, layar hitam dengan logo Garuda Pancasila muncul. Di bawahnya, terpampang tulisan 'Under Construction by Kominfo'. Ada juga timer countdown yang menunjukkan sisa waktu 21 jam beserta pesan yang menyatakan, "Ela Elo Is Coming, Big Features Will Be Ready," bersama dengan tulisan "Iron Dome #Hmei". Menanggapi hal ini, Pakar keamanan siber dari Vaksin.com, Alfons Tanujaya, dalam wawancara dengan detikINET, menyebut Elaelo sebagai suatu situs yang ambigu dan tidak jelas tujuan serta maksudnya.

"Siapa yang mengklaim bahwa Elaelo dibuat oleh pemerintah? Bahkan domainnya saja tidak aman. Pemiliknya, Aksara Digital, tidak diketahui. Jika model seperti ini akan menjadi pengganti X, hal itu seakan-akan ikan lohan menggantikan ikan paus," ujarnya.

"Sebenarnya saya tidak tahu apa motivasi dari pembuat Elaelo. Namun, jika tujuannya adalah untuk meledek Kominfo, sepertinya mereka sukses karena menjadi perbincangan hangat," tambahnya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%