Tampang

Taksi Terbang yang Akan di Uji Coba di IKN Tiba di Balikpapan

29 Mei 2024 19:33 wib. 549
0 0
Taksi Terbang yang Akan di Uji Coba di IKN Tiba di Balikpapan
Sumber foto: google

Pembangunan ekosistem Advanced Air Mobility di Ibu Kota Nusantara (IKN) memasuki babak baru. Hal ini menyusul rencana pembukaan pallet atau unboxing taksi terbang oleh Hyundai Motors Company (HMC) yang akan dilakukan awal Juni 2024. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, taksi terbang diharapkan dapat menjadi solusi transportasi yang efisien dan efektif dalam mengatasi kemacetan di perkotaan. Dalam beberapa waktu terakhir, Indonesia kembali menjadi sorotan publik terkait hal ini, karena baru-baru ini taksi terbang yang akan diuji coba tiba di Indonesia Knowledge Net (IKN) di Balikpapan.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN Mohammed Ali Berawi memastikan, Selasa (28/5/2024). Menurut Ali, taksi terbang yang dikirimkan dalam beberapa pallet tersebut saat ini sudah disimpan di Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur. Sementara, komponen baterainya sudah berada di Jakarta dan direncanakan tiba di Samarinda pada 6 Juni 2024."Setelah proses unboxing, dilakukan inspeksi oleh Hyundai, Bea Cukai Kalimantan Timur, serta Otorita IKN di Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto (APT) Samarinda pada awal Juni mendatang," tutur Al."Nanti, setelah kegiatan perakitan, dilanjutkan uji coba terbang pada Juli 2024 menjelang perhelatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI 17 Agustus di IKN," imbuh Ali.

Kedatangan taksi terbang di IKN Balikpapan menjadi momentum penting dalam sejarah teknologi transportasi di Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa Indonesia telah siap untuk menjadi salah satu pelopor dalam pengembangan taksi terbang di kawasan Asia Tenggara. Dengan lokasinya yang strategis, IKN Balikpapan dipercaya dapat menjadi laboratorium riset dan pengujian yang ideal bagi taksi terbang ini.

Selain menjadi titik fokus dalam pengujian taksi terbang, kehadiran taksi terbang di IKN Balikpapan juga diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan ekonomi di wilayah tersebut. Dengan adanya inovasi yang diuji coba di sana, IKN Balikpapan diharapkan dapat menjadi katalisator untuk percepatan pertumbuhan industri teknologi dan transportasi di Indonesia.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%