Tampang

Starlink Elon Musk: Kapasitas 23,7 Tbps, Melebihi Kapasitas OneWeb Cs

26 Jul 2024 12:41 wib. 88
0 0
Starlink
Sumber foto: Goggle

Layanan internet berbasis satelit orbit bumi rendah Starlink milik Elon Musk diperkirakan memiliki kapasitas total throughput yang sangat besar hingga 23,7 Terabits per second (Tbps), lebih besar dibandingkan dengan satelit orbit rendah (low earth orbit/LEO) lainnya seperti OneWeb.

Berdasarkan pemaparan Asosiasi Penyelenggara Telekomunikasi Seluruh Indonesia (ATSI) saat berkunjung ke Bisnis Indonesia, diperkirakan setiap satelit Starlink memiliki kapasitas total throughput mencapai 23,7 Terabits per detik (Tbps).

Tingginya kapasitas throughput Starlink ini menegaskan posisinya sebagai pemimpin dalam industri jaringan satelit, terutama di konstelasi satelit LEO, mengungguli pesaingnya seperti OneWeb dan Telesat.

Dibandingkan dengan pesaingnya, OneWeb memiliki estimasi kapasitas mencapai 1,56 Tbps per satelit, sedangkan Telesat memiliki 15 Tbps per satelit. Jika dibandingkan, Starlink jelas unggul dalam hal kapasitas throughput yang dimilikinya, menunjukkan investasi besar yang dilakukan oleh proyek ini.

Selain kapasitas throughput yang besar, Starlink juga memiliki keunggulan lain dalam hal orbitnya. Starlink sendiri mengorbit pada ketinggian sekitar 560 kilometer (km) di atas permukaan bumi, menghadirkan kestabilan sinyal yang lebih baik dibandingkan dengan satelit-satelit lainnya yang beroperasi di ketinggian yang lebih rendah.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?