Tampang

Yen Jatuh ke Level Terendah 38 Tahun, RI Ikut Untung Apa Buntung?

30 Jun 2024 21:14 wib. 181
0 0
Yen Jatuh ke Level Terendah 38 Tahun, RI Ikut Untung Apa Buntung?
Sumber foto: iStock

Yen Jepang telah lama tidak berdaya terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Hal ini memberikan dampak yang signifikan bagi Indonesia, sebagai mitra dagang, serta Jepang, sebagai destinasi pariwisata yang menarik. Menurut laporan dari Definitiv, pada Jumat (28/6/2024), yen ditutup dengan posisi 160,83/US$1. Posisi ini merupakan yang terlemah dalam 38 tahun terakhir sejak 24 Desember 1986.

Selama seminggu terakhir, yen mengalami penurunan sebesar 0,65%, yang artinya telah terus melemah dalam tiga pekan berturut-turut. Dalam rentang satu bulan, yen mengalami penurunan sebesar 2024 sementara dalam setahun terperosok 14,02%, menjadi yang terendah sejak 2013.

Tidak hanya tertekan oleh dolar AS, yen juga mengalami pelemahan terhadap rupiah. Saat ini, nilai tukar yen terhadap rupiah berada pada angka 101,73, yang merupakan yang terendah sejak Desember 2014 atau hampir 10 tahun terakhir.

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pelemahan Yen

Pelemahan yen terus terjadi sejak Bank of Japan (BoJ) menghentikan kebijakan suku bunga negatif dan membatalkan kebijakan pengendalian kurva imbal hasil pada bulan Maret. Untuk menjaga nilai tukar, Kementerian Keuangan Jepang telah melakukan intervensi sebesar JPY 9.7885 triliun (sekitar $62.25 miliar) dari tanggal 26 April hingga 29 Mei.

Dong Chen, strategis Asia utama dan kepala riset Asia di bank swasta Swiss Pictet, menyatakan bahwa dia masih mengharapkan yen tetap "cukup lemah" meskipun ada peringatan intervensi dari pejabat Jepang. Dia menjelaskan bahwa selisih suku bunga antara AS dan Jepang yang tetap besar menjadi salah satu alasan utama pelemahan yen. Menurutnya, hal ini akan membuat yen tetap lemah kecuali selisih ini menurun lebih signifikan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.