Tampang

Roket Falcon 9 SpaceX Alami Kegagalan Langka dan Dihentikan Sementara

14 Jul 2024 21:39 wib. 151
0 0
Roket Falcon 9 SpaceX Alami Kegagalan Langka dan Dihentikan Sementara
Sumber foto: Unsplash

Roket Falcon 9 milik SpaceX baru-baru ini dihentikan sementara, sambil menunggu investigasi insiden, setelah terjadi kegagalan saat terbang — kegagalan yang jarang terjadi untuk kendaraan andalan perusahaan tersebut. Misi tersebut, yang dikenal sebagai "Starlink Group 9-3," diluncurkan dari Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg di California pada Kamis malam dan membawa 20 satelit yang menuju orbit Bumi rendah.

Tahap pertama roket yang lebih rendah, atau pendorong, beroperasi seperti yang diharapkan sebelum kembali ke daratan. Namun, tahap kedua roket yang lebih tinggi gagal menyalakan kembali mesinnya seperti yang direncanakan dan hancur, CEO SpaceX Elon Musk mengonfirmasi. "Pengaktifan kembali tahap atas untuk menaikkan perigee mengakibatkan mesin mengalami RUD karena alasan yang belum diketahui," tulis Musk dalam sebuah posting di media sosial. RUD, atau "pembongkaran cepat tak terjadwal," adalah istilah yang digunakan SpaceX untuk merujuk pada peristiwa yang bersifat eksplosif atau merusak. Perusahaan tersebut mengatakan dalam pembaruan selanjutnya bahwa kegagalan mesin terjadi setelah kebocoran oksigen cair di tahap kedua.

Falcon 9 dihentikan sementara sampai Badan Penerbangan Federal menandatangani penyelidikan SpaceX atas insiden tersebut, regulator federal mengonfirmasi. "FAA akan terlibat dalam setiap langkah proses investigasi dan harus menyetujui laporan akhir SpaceX, termasuk tindakan korektif apa pun," kata lembaga itu dalam sebuah pernyataan kepada CNBC.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.