Tampang

Pertama di Dunia! PTBA-BRIN Kembangkan Batu Bara untuk Baterai Li-ion

16 Jul 2024 19:06 wib. 161
0 0
Pertama di Dunia! PTBA-BRIN Kembangkan Batu Bara untuk Baterai Li-ion
Sumber foto: Kompas.com

Menurut Arsal, PT Bukit Asam Tbk ingin menghadirkan energi tanpa henti bagi Indonesia dengan mengimplementasikan industri batu bara yang menggunakan teknologi bersih. Pengembangan batu bara menjadi bahan baku untuk Artificial Graphite dan Anode Sheet merupakan terobosan global yang penting dalam hilirisasi batu bara. Selain itu, ini juga akan mendukung kemajuan industri kendaraan listrik di dalam negeri.

Menurut Arsal, kebutuhan akan Artificial Graphite dan Anode Sheet akan meningkat seiring dengan pertumbuhan industri kendaraan listrik. Tidak hanya untuk industri kendaraan listrik, kedua produk tersebut juga dibutuhkan dalam industri lain seperti penyimpanan energi, elektronik, dan peralatan medis.

Selain itu, keberlanjutan proyek ini juga sejalan dengan visi PTBA untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan, serta mendukung pencapaian target Net Zero Emission (karbon netral) pada tahun 2060 atau lebih awal.

Dalam kesempatan yang sama, Mulyadi Sinung Harjono, Direktur Pemanfaatan Riset & Inovasi pada Industri BRIN, berharap bahwa proyek konversi batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet ini dapat memberikan manfaat bagi Indonesia dengan memperkuat posisi dalam industri bahan baku strategis.

Proses konversi batu bara menjadi Artificial Graphite dan Anode Sheet terdiri dari beberapa tahapan. Tahapan pertama melibatkan proses karbonisasi batu bara menjadi batu bara semi kokas atau Coalite. Kemudian Coalite dihaluskan menjadi serbuk, yang selanjutnya melalui proses perendaman, pemanasan, pencucian, pengeringan, dan penghalusan hingga menjadi Artificial Graphite yang merupakan bahan utama Anode Sheet.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.