Tampang

Pertama di Dunia! PTBA-BRIN Kembangkan Batu Bara untuk Baterai Li-ion

16 Jul 2024 19:06 wib. 160
0 0
Pertama di Dunia! PTBA-BRIN Kembangkan Batu Bara untuk Baterai Li-ion
Sumber foto: Kompas.com

Selanjutnya, pembuatan Anode Sheet dimulai dari pencampuran Artificial Graphite dengan bahan-bahan lain, lalu campuran tersebut dipanaskan dan dicetak sehingga membentuk lembaran di atas kertas tembaga. Tahap terakhir adalah pengeringan sehingga terbentuk Anode Sheet.

Dengan langkah ini, PTBA dan BRIN berupaya mendukung industri baterai Lithium-ion, yang saat ini semakin penting seiring dengan pertumbuhan kendaraan listrik dan teknologi penyimpanan energi. Proyek ini juga menjadi contoh nyata dari dedikasi Indonesia dalam mendorong industri yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.

Oleh karena itu, proyek ini diharapkan akan memberikan dampak positif yang signifikan bagi industri energi nasional, serta secara konsisten mengukuhkan posisi Indonesia dalam industri baterai dan energi terbarukan di dunia. Hal ini sejalan dengan visi Indonesia untuk menjadi negara yang berdaya saing di bidang teknologi ramah lingkungan, sehingga dapat mengurangi ketergantungan pada energi fosil serta mengurangi emisi karbon.

Dengan kerja sama yang kuat antara PTBA, BRIN, dan Grup MIND ID, proses konversi batu bara menjadi bahan baku untuk baterai Li-ion diharapkan akan menjadi langkah awal dalam menghadirkan industri energi berkelanjutan yang mampu memberikan solusi bagi tantangan lingkungan dan energi globaldi masa depan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.