Tampang

NTT DATA Memanfaatkan Edge AI untuk Mengubah Data Menjadi Keputusan Real-Time

27 Jul 2024 19:03 wib. 107
0 0
NTT DATA Memanfaatkan Edge AI untuk Mengubah Data Menjadi Keputusan Real-Time
Sumber foto: Google

NTT DATA, perusahaan terkemuka dalam penyediaan infrastruktur dan layanan TI, telah meluncurkan platform Edge AI baru yang memiliki tujuan untuk mempercepat konvergensi antara IT/OT dengan membawa pemrosesan AI ke edge. Platform solusi terkelola ini secara khusus difokuskan untuk memproses data di tempat dibuatnya data dan mengintegrasikan beragam perangkat IoT, sistem, serta data. Salah satu hasilnya adalah kemampuan menghasilkan keputusan secara real-time, efisiensi operasional yang lebih baik, dan aplikasi AI yang aman di berbagai sektor industri, yang turut mendukung teknologi Industri 4.0 yang terus berkembang.

   GenAI dan Large Language Models (LLM) memang sedang menjadi fokus utama dalam dunia teknologi saat ini. Namun, dampak dari teknologi tersebut belum secara langsung mempengaruhi industri-industri yang membutuhkan pengambilan keputusan yang cepat dan real-time.

Solusi Edge AI yang diperkenalkan oleh NTT DATA menawarkan solusi atas kebutuhan tersebut dengan melakukan pemrosesan data dalam jumlah besar pada platform komputasi yang ringkas. Hal ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran mesin yang lebih kecil dan efisien, untuk memberikan wawasan AI secara real-time.

   Edge AI dari NTT DATA bukan sekadar sebuah produk, melainkan sebuah platform layanan terkelola yang menyediakan semua sistem, alat, dan kapabilitas yang diperlukan untuk menerapkan AI di edge. Platform ini mengurus proses penemuan, pengumpulan, serta integrasi data, daya komputasi, konektivitas, dan manajemen model AI dengan otomatis.

Dengan dukungan dari konsultan data scientist NTT, layanan terkelola, serta sumber daya teknis global NTT DATA, platform Edge AI berhasil mengatasi permasalahan terkait IoT dan memenuhi kebutuhan infrastruktur AI. Platform ini mampu secara otomatis menemukan, mengintegrasikan, serta memproses data dari perangkat IoT dan aset TI di seluruh organisasi. Selain itu, platform ini juga berhasil menyederhanakan penerapan dan manajemen AI.

Menghadapi Tantangan Tertentu dalam Industri dengan Wawasan Berbasis AI

   Platform Edge AI dari NTT DATA sengaja didesain agar dapat menjawab kebutuhan yang spesifik dari berbagai industri, dengan menggunakan model AI yang lebih ringan dan hemat biaya sehingga dapat beroperasi dalam perangkat komputasi yang lebih kecil. Edge AI mampu mengatasi tugas-tugas spesifik, seperti keamanan atau efisiensi operasional, dengan mengumpulkan data dari berbagai perangkat dalam jaringan. Hal ini memungkinkan pemrosesan dan analisis data secara instan dan aman.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ikan Terbesar di Dunia
0 Suka, 0 Komentar, 8 Mei 2017

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?