Tampang

Misteri Lubang Raksasa Terdalam di Dalam Laut Meksiko Bikin Ilmuwan Kebingungan

29 Jun 2024 18:11 wib. 34
0 0
Misteri Lubang Raksasa Terdalam di Dalam Laut Meksiko Bikin Ilmuwan Kebingungan
Sumber foto: Okezone.com

Meskipun terdapat perkiraan kedalaman, hingga saat ini tingkat kedalaman sebenarnya dari TJBH masih menjadi misteri. Ini disebabkan oleh keterbatasan teknologi penelitian. Sebelumnya, alat profiler CTD hanya mampu menjangkau kedalaman 500 meter, namun lubang ini berpotensi memiliki kedalaman yang melebihi itu.

Pada awal pengukuran, para peneliti menggunakan alat echo sounder yang berfungsi dengan mengirimkan gelombang suara ke dasar laut dan kemudian mengukur kecepatan datangnya kembali. Namun, alat ini ternyata tidak dapat berfungsi secara optimal. Hal ini disebabkan oleh fluktuasi kepadatan air dan bentuk lubang yang tidak selalu vertikal serta tidak dapat diprediksi.

"Konfirmasi kedalaman maksimum tidak bisa dilakukan karena keterbatasan instrumen pada ekspedisi ilmiah tahun 2021," ungkap para peneliti, menyoroti tantangan teknis yang dihadapi dalam mempelajari fenomena yang tersembunyi di dasar laut.

Misteri TJBH menjadi sumber ketertarikan bagi para ilmuwan, karena pemahaman yang lebih mendalam terkait lubang raksasa ini dapat memberikan wawasan baru terhadap geologi bawah laut, fenomena keberlanjutan ekosistem laut, serta potensi dampaknya terhadap perubahan iklim global. Upaya penelitian yang terus dilakukan akan menjadi kunci dalam membuka tabir misteri yang mengelilingi Taam Ja' Blue Hole.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tradisi Mudik Lebaran dan Silatuhrami
0 Suka, 0 Komentar, 19 Jun 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%