Tampang

Misteri Lubang Raksasa Terdalam di Dalam Laut Meksiko Bikin Ilmuwan Kebingungan

29 Jun 2024 18:11 wib. 29
0 0
Misteri Lubang Raksasa Terdalam di Dalam Laut Meksiko Bikin Ilmuwan Kebingungan
Sumber foto: Okezone.com

Terdapat sebuah misteri yang menggoda keingintahuan di perairan Meksiko, yakni keberadaan lubang raksasa yang masih menyimpan sejumlah tanda tanya. Lubang ini, dikenal dengan sebutan Taam Ja' Blue Hole (TJBH), terletak di pantai tenggara Semenanjung Yucatan dan memiliki kedalaman sekitar 420 meter dari bawah permukaan laut. Meski telah berusaha diungkap, misteri seputar kebenaran kedalaman lubang ini masih mengundang tanda tanya bagi sejumlah ilmuwan.

Penelitian pertama terhadap TJBH baru dilakukan pada tahun 2021 lalu, dan hingga saat ini, para peneliti terus berupaya memahami fenomena yang tersembunyi di dalamnya. Hasil penelitian yang terpublikasi di jurnal Frontiers in Marine Science mengungkapkan bahwa pada tanggal 6 Desember 2023, para peneliti berhasil melakukan penyelaman yang membawa mereka lebih dekat dalam memahami keunikan TJBH.

Dalam upaya mendekati misteri lubang ini, para peneliti menganalisis konduktivitas, suhu, dan kedalaman (CTD) di sekitar TJBH. Hasilnya mengungkapkan temuan menarik terkait kondisi suhu dan salinitas pada lapisan 400 meter. Diungkapkan bahwa kondisi di kedalaman tersebut mirip dengan yang dapat ditemui di Laut Karibia, serta fenomena terumbu karang dan laguna di sekitarnya.

Analisis oleh tim peneliti menyiratkan kemungkinan adanya hubungan antara lubang TJBH dengan Laut Karibia. Mereka menduga adanya jalur koneksi melalui jaringan terowongan yang tersembunyi di perairan tersebut. Spekulasi ini dikutip dari laman Mirror pada Jumat, 28 Juni 2024.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%