Tampang

Koneksi Antar HP Tanpa Operator Starlink Telah Diizinkan

8 Okt 2024 22:24 wib. 57
0 0
Koneksi Antar HP Tanpa Operator Starlink Telah Diizinkan
Sumber foto: iStock

Layanan koneksi antar handphone (HP) tanpa operator yang dimiliki oleh Starlink, unit bisnis dari SpaceX milik Elon Musk, sudah mendapatkan izin dari otoritas di Amerika Serikat (AS). Teknologi ini, yang dikenal dengan sebutan 'direct to-cell', merupakan hasil dari kerja sama antara Starlink dengan T-Mobile, salah satu operator telekomunikasi lokal di Amerika Serikat.

Kendati demikian, Federal Communications Commission (FCC) menetapkan syarat bahwa kemampuan telepon tanpa bantuan operator ini hanya dapat berjalan di wilayah North Carolina, yang terdampak oleh Badai Helene. Pada akhir bulan lalu, badai di North Carolina menyebabkan kerusakan pada lebih dari 74% tower telekomunikasi. Para pekerja kemudian bekerja keras untuk memulihkan layanan hingga tingkat kerusakan dapat ditekan menjadi sekitar 17%.

Layanan 'direct-to-cell' ini, yang menyediakan jangkauan pada setiap HP ponsel, merupakan persetujuan sementara dan bersifat darurat, serta berlaku selama periode bencana dalam upaya pemulihan layanan internet dan nirkabel di wilayah terdampak. Starlink, perusahaan di bawah naungan SpaceX, memastikan bahwa layanan HP tanpa operator telah aktif selama masa darurat, dan pengujian telah dilakukan dengan mengirimkan pesan (SMS) ke banyak perangkat di jaringan T-Mobile.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.