Tampang

Fakta Menarik Mengenai Internet yang Jarang Diketahui Orang

25 Mar 2018 03:56 wib. 1.681
0 0
Fakta Menarik Mengenai Internet yang Jarang Diketahui Orang

Ketiadaan usaha untuk berusaha menyimpan memori membuat kegiatan mencari di mesin pencari online meningkat, namun daya ingat juga menjadi malas.

  • Terima kasih juga kepada Ted Nelson

Sistem networking atau terkoneksinya kita sekarang melalui hypertext dalam internet dikembangkan oleh Ted Nelson di tahun 1963. Dokumen yang saling terkait dalam internet bisa disimpan di mana saja berkat tangan dingin Berners-Lee yang menemukan web.

  • Kebebasan berekspresi tanpa syarat

Sebelum internet mengakomodasi web yang bebas digunakan siapapun, orang-orang yang ingin karyanya meluas harus melalui jalur penerbit dan editor yang menjadi penentu, semacam “Tuhanâ€Â yang menentukan apakah karya layak disebarluaskan atau tidak. Kini, web memampukan siapa saja untuk melakukan penerbitan sendiri dengan berbagai platform dalam bentuk apapun seperti tulisan dalam Blogspot dan WordPress, foto dalam Flickr, suara dan video dalam YouTube dan semuanya memiliki kesempatan yang sama besar untuk meraih ketenaran.

  • Tadinya, web hendak dibuat agar para pembaca bisa turut mengedit langsung.

Sempat terpikir konsep tersebut oleh Berners-Lee, namun akhirnya tidak jadi dilaksanakan karena alasan kepraktisan. Keputusan ini lebih lanjut membuat semua kekuasaan bergeser ke atas, ke korporasi pemilik suatu platform. Faktanya, Berners-Lee sempat ingin membuat web yang lebih praktis dengan tidak hanya memungkinkan mesin yang membaca.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?