Tampang

Cara AWS Menghemat Energi Listrik Data Center dalam Operasional AI

21 Jul 2024 22:28 wib. 90
0 0
Cara AWS Menghemat Energi Listrik Data Center dalam Operasional AI
Sumber foto: Google

Upaya Amazon Web Services (AWS) dalam menghemat energi dalam operasional model Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan, dengan fokus pada penggunaan energi yang efisien. AWS telah berkomitmen untuk menjalankan bisnis dengan cara yang hemat energi demi mengurangi dampak terhadap lingkungan serta untuk mengurangi biaya operasional.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi AI, pengoperasian model-model ini membutuhkan konsumsi energi yang tinggi. AWS kemudian mengambil langkah-langkah konkrit untuk memastikan pengoperasian model AI tersebut dilakukan secara efisien. Salah satu langkah yang diambil adalah peningkatan masa pakai serta kinerja aliran udara dari media pendingin di sistem pendingin pusat data mereka. Dengan demikian, mereka dapat menjaga suhu server dengan baik tanpa menggunakan energi yang berlebihan.

Pada tahap perencanaan, AWS menggunakan metode pemodelan canggih untuk memahami kinerja pusat data sebelum dibangun. Dengan memahami faktor-faktor ini, AWS dapat mengoptimalkan penempatan server di rak dan ruang data, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan daya secara efisien. Selain itu, AWS juga membangun pusat data dengan emisi karbon yang lebih rendah, menggunakan bahan seperti beton dan baja dengan emisi karbon yang lebih rendah. Mereka juga beralih ke minyak nabati terhidrogenasi untuk generator cadangan, sebagai bagian dari upaya mengurangi dampak karbon dari operasional pusat data mereka.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?