Tampang

Anak-Anak Kelas 4 SD di Finlandia Telah Mahir Belajar Kecerdasan Buatan dan Mampu Membuat Aplikasi Sendiri

27 Jun 2024 15:21 wib. 37
0 0
Anak-Anak Kelas 4 SD di Finlandia
Sumber foto: google

Temuan menunjukkan bahwa penjelasan anak-anak berdasarkan data tentang penyebab bias algoritmik, berkembang secara signifikan selama lokakarya. Hal ini mengindikasikan bahwa pembelajaran AI pada usia dini memiliki efek positif dalam memperluas pemahaman anak-anak tentang konsep AI dan etika yang terkait.

Teknologi AI saat ini telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, walaupun seringkali tidak disadari oleh penggunanya. AI memberikan rekomendasi berita, musik, dan film, serta menargetkan iklan yang dipersonalisasi kepada kita. Namun, banyak sekolah belum menyertakan pembelajaran tentang AI ke dalam kurikulum, sehingga tidak semua anak memiliki pemahaman yang cukup tentang teknologi ini.

Henriikka Vartiainen, seorang peneliti senior dari University of Eastern Finland, menyatakan bahwa lokakarya ini mampu meningkatkan pemahaman konseptual anak-anak tentang kecerdasan buatan dan aspek etika yang terkait dengannya. Selain itu, lokakarya ini juga mengajarkan mereka untuk mengevaluasi teknologi AI secara kritis. Hasil temuan ini menyoroti pentingnya pendidikan AI yang baik secara pedagogis di sekolah, yang dapat difasilitasi oleh teknologi pendidikan dan aktivitas kurikulum yang menumbuhkan keagenan, pemahaman, dan kesadaran etis anak-anak di era AI.

Lokakarya ketiga dan terakhir fokus pada implikasi sosial dan etika dari kecerdasan buatan. Misalnya, anak-anak membuat gambar dengan AI generatif dan mencari bias algoritmik di dalamnya. Dalam kesempatan ini, mereka juga terlibat dalam refleksi kritis serta diskusi tentang implikasi AI terhadap masyarakat dan etika.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Video Kucing Lucu Main Balon Bikin Gemes
0 Suka, 0 Komentar, 25 Apr 2017
Apakah Bersin itu Penyakit ??
0 Suka, 0 Komentar, 4 Apr 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%