Tampang

Dampak AI Terhadap Masa Depan Pekerjaan di Indonesia: Ancaman atau Peluang?

10 Jul 2024 20:02 wib. 46
0 0
Artificial Intelligence
Sumber foto: incubator.ucf.edu

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan menjadi sosok yang semakin mendominasi dunia teknologi saat ini. Dalam beberapa tahun terakhir, AI telah mengalami perkembangan signifikan, memasuki berbagai aspek kehidupan manusia, termasuk dunia kerja. Di Indonesia, kehadiran AI juga memberikan dampak yang signifikan terhadap masa depan pekerjaan. Namun, pertanyaan yang muncul adalah apakah AI akan menjadi ancaman ataukah peluang bagi masa depan pekerjaan di Indonesia?

Pertama-tama, kita perlu memahami bagaimana AI memberikan dampak terhadap pekerjaan di Indonesia. Seiring dengan perkembangan AI, berbagai pekerjaan rutin dan repetitif dapat diotomatisasi, mengakibatkan potensi tergesernya pekerjaan-pekerjaan tersebut oleh AI. Sebagai contoh, pekerjaan administratif, perekaman data, dan beberapa pekerjaan manufaktur dapat diambil alih oleh sistem AI, menyisakan sedikit ruang bagi pekerja manusia. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan lapangan kerja dalam sektor-sektor tersebut.

Namun, di sisi lain, kehadiran AI juga membuka peluang baru dalam dunia kerja di Indonesia. AI memiliki potensi untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas di berbagai sektor industri. Dengan adanya AI, pekerjaan yang membutuhkan analisis data, prediksi, dan pengambilan keputusan dapat dilakukan dengan lebih akurat dan cepat. Selain itu, AI juga dapat menciptakan pekerjaan baru dalam bidang teknologi dan pengembangan sistem AI itu sendiri. Hal ini membuka peluang bagi para pekerja untuk mengembangkan keterampilan baru dan beralih ke pekerjaan yang lebih canggih dan bernilai tambah.

Meskipun begitu, perlu diakui bahwa perubahan dampak AI terhadap masa depan pekerjaan di Indonesia tidaklah sebatas itu. Dalam upaya menghadapi revolusi industri 4.0, pemerintah, perusahaan, dan individu perlu melakukan langkah-langkah strategis untuk memaksimalkan potensi peluang yang ditawarkan oleh kehadiran AI sambil berupaya melindungi pekerja yang terdampak. Pemerintah dapat memainkan peran penting dalam membentuk kebijakan yang mendukung pengembangan teknologi AI sambil memberikan perlindungan kepada pekerja yang mungkin kehilangan pekerjaan mereka akibat otomatisasi.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Turban Modern untuk Acara Pesta
0 Suka, 0 Komentar, 26 Sep 2017

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?