Tampang

Berapa Durasi Waktu Jalan Kaki Yang Tepat Untuk Mencegah Diabetes?

14 Mei 2024 13:49 wib. 66
0 0
Berapa Durasi Waktu Jalan Kaki Yang Tepat Untuk Mencegah Diabetes?

Jalan kaki terbukti secara ilmiah dapat mencegah penyakit kronis, salah satunya diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah penyakit yang ditandai dengan peningkatan kadar gula darah dalam tubuh karena resistensi insulin. Dengan demikian, aktivitas fisik seperti jalan kaki dapat membantu menyeimbangkan kadar gula darah dan memperbaiki respons tubuh terhadap insulin.

Sejumlah studi telah membuktikan bahwa jalan kaki memiliki manfaat signifikan dalam menurunkan glukosa darah dan resistensi insulin. Selain itu, jalan kaki juga dapat meningkatkan kebugaran fisik dan kesehatan secara keseluruhan.

Penting untuk mengetahui berapa lama jalan kaki seharusnya dilakukan agar dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Menurut rekomendasi dari American College of Sports Medicine dan American Diabetes Association yang dikutip dari Verywell Fit, jalan kaki yang efektif untuk mencegah diabetes tipe 2 adalah dengan melakukan aktivitas ini selama minimal 30 menit setidaknya 5 kali dalam seminggu. Namun, bagi mereka yang belum terbiasa, jalan kaki dapat dimulai dengan durasi yang lebih pendek, misalnya 10 menit pada hari pertama, dan kemudian meningkatkan durasinya secara bertahap.

Tidak hanya frekuensi dan durasi, cara menjalankan jalan kaki juga dapat memengaruhi efektivitasnya dalam mencegah diabetes tipe 2. Studi terbaru menunjukkan bahwa jalan kaki setelah makan dapat membantu menurunkan lonjakan kadar gula darah dalam tubuh. Hal ini membuat jalan kaki sesudah makan menjadi opsi yang cocok untuk menurunkan risiko diabetes tipe 2. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?