Tampang

Sahabat Nabi Yang Memiliki Julukan Sang Pemilik Dua Cahaya,Siapakah dia??

13 Jul 2024 09:50 wib. 110
0 0
utsman bin affan
Sumber foto: pinterest

Sahabat Nabi merupakan sosok yang penuh dengan keutamaan dan keberkahan. Mereka adalah para pengikut dan teman dekat Nabi Muhammad SAW yang banyak memberikan kontribusi besar dalam membangun peradaban Islam. Salah satu di antara mereka adalah Utsman bin Affan, sosok yang terkenal sebagai "Sang Pemilik Dua Cahaya". Siapakah sebenarnya Utsman bin Affan dan apa makna dari julukan tersebut?

Utsman bin Affan adalah salah seorang dari empat khulafa ar-rasyidin yang merupakan khalifah kedua setelah khalifah Abu Bakar Ash-Shiddiq dan khalifah ketiga setelah khalifah Umar bin Khattab. Beliau dilahirkan dalam keluarga Quraisy Bani Umayyah, dan dikenal dengan kekayaannya yang luar biasa. Namun, kekayaannya tidak membuatnya lalai dalam beribadah dan bermuamalah. Utsman bin Affan memiliki sifat zuhud dan dermawan yang sangat tinggi, sifat-sifat inilah yang membuatnya dijuluki sebagai "Sang Pemilik Dua Cahaya".

Dua cahaya yang dimaksud adalah cahaya kekayaan materi dan cahaya keberkahan spiritual. Utsman bin Affan dikenal sebagai salah seorang sahabat Nabi yang sangat dermawan. Beliau dikenal dengan kebiasaannya memberikan harta bendanya secara sukarela untuk kepentingan umat Islam. Kekayaannya yang melimpah tidak membuatnya kedekut, sebaliknya beliau selalu berbagi dengan saudara-saudaranya sesama umat Islam. Ini adalah cahaya kekayaan materi yang dimiliki oleh Utsman bin Affan yang menjadi inspirasi bagi umat Islam hingga saat ini.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?