Tampang

Amalan dan Doa menuju Malam Lailatul Qadar

4 Apr 2024 09:02 wib. 39
0 0
Laylat al qadr
Sumber foto: https://www.freepik.com/free-vector/flat-laylat-al-qadr-illustration_13184507.htm#fromView=search&page=1&position=2&uuid=af3036fa-db83-4d59-a495-4343b70f511c

Dalam bulan suci Ramadan, umat Muslim di seluruh dunia mempersiapkan diri untuk menyambut malam yang penuh berkah, malam Lailatul Qadr. Dikenal sebagai "Malam Kemuliaan" atau "Malam Kebenaran", Lailatul Qadr adalah salah satu malam yang paling istimewa dalam tahun Islam.

Di dalamnya terkandung keutamaan yang luar biasa, di mana amalan-amalan yang dilakukan pada malam ini bernilai lebih dari ribuan bulan. Namun, apa sebenarnya yang membuat malam Lailatul Qadr begitu istimewa? Bagaimana kita sebagai umat Muslim dapat memanfaatkan malam ini dengan sebaik-baiknya?

Berikut amalan dan doa yang bisa dilaksanakan menurut Ustadzah Halimah Alaydrus **Apa Itu Lailatul Qadar?**

1. Lebih baik daripada 1000 bulan (QS. Alqadar) Artinya ibadah pada malam tersebut akan berlipat ganda hingga lebih baik daripada ibadah 1000 bulan (83 tahun lebih)

2. Malam pengampunan dosa "Barang siapa menghidupkan lailatul qadar dengan penuh keimanan dan hanya mencari pahala dari Allah, maka akan terampuni dosa- dosanya yang lalu maupun yang baru." (HR Bukhari Muslim)

3. Malam turunnya para malaikat untuk mengaminkan doa umat dan memohonkan ampunan bagi mereka yang beribadah malam tersebut (QS Alqadar) **Adakah Amalan Menjemput Lailatul Qadar?** HABIB MUHAMMAD BIN ABDULLAH ALHADDAR dalam kitab An-nafahaat Arramadhaniyah mengatakan "Siapa yang ingin mendapatkan lailatul qadar hendaklah menjaga 3 hal ini selama bulan Ramadhan:
1. Meninggalkan dosa dan maksiat apapun sebagaimana kita meninggalkan makan minum di siang hari Ramadhan.
2. Jangan tinggal shalat tarawih sepanjang bulan Ramadhan
3. Jangan tinggalkan sholat berjamaah selama Ramadhan terutama jamaah isya dan shubuh **Kapan Terjadinya Lailatul Qadar?**

Ada beberapa pendapat para ulama berdasar hadits- hadits Nabi Muhammad SAW mengenai kapan tepatnya lailatul qadar, dengan pendapat terbanyaknya mengatakan: Lailatul qadar kemungkinan besar terjadi di malam ganjil pada 10 hari terakhir yaitu antara malam 21, 23, 25, 27 atau 29.

Dengan ciri-ciri tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin, dan keesokan harinya cahaya matahari tidak terik menyinari bumi." (HR Ahmad) > *kabarnya karena banyaknya malaikat kembali ke langit, hingga kepak- kepak sayap mereka menghalangi cahaya matahari sampai ke bumi. **Apa Yang Dilakukan Pada Lailatul Qadar?**
1. Perbanyak ibadah seperti sholat sunnah, baca quran, sedekah dll
2. Perbanyak do'a, sebab do'a mustajab
3. Perbanyak dzikir yang diajarkan Nabi kepada Sayyidah Aisyah: اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي Ya Allah Engkau adalah Dzat yang Pengampun, Engkau menyukai pengampunan, maka ampunilah aku (HR Turmudzi)

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

6 Cara Ampuh Atasi Sakit Kepala
0 Suka, 0 Komentar, 27 Mar 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?