Tampang

Mana yang Didahulukan, Sedekah atau Nafkahi Keluarga? Bagaimana Hukumnya?

23 Jul 2024 21:31 wib. 143
0 0
Mana yang Didahulukan, Sedekah atau Nafkahi Keluarga? Bagaimana Hukumnya?
Sumber foto: pinterest

Sedekah dan nafkah merupakan dua perbuatan mulia yang memiliki kedudukan penting dalam agama Islam. Kedua perbuatan tersebut memiliki hukum dan tata cara pelaksanaan yang diatur sesuai dengan ajaran agama. Namun, muncul pertanyaan yang seringkali membuat banyak orang bingung, mana yang seharusnya didahulukan, sedekah atau nafkahi keluarga? Untuk menjawab pertanyaan ini, perlu dipahami lebih dalam mengenai kedua perbuatan mulia ini serta hukumnya dalam agama Islam.

Sedekah merupakan perbuatan memberikan sebagian harta kepada orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan. Sedekah memiliki kedudukan yang tinggi dalam Islam dan dianjurkan untuk dilakukan oleh setiap umat Muslim. Allah SWT berfirman dalam al-Qur'an, "Dan belanjakanlah sebahagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum kematian seseorang di antara kamu, maka berkatalah: "Ya Tuhanku, jika Engkau beri penundaan kepadaku sampai waktu yang dekat, niscaya aku akan memberi sedekah dan aku akan termasuk orang-orang yang saleh." (QS. 63:10). Dari firman Allah ini, dapat kita pahami bahwa sedekah merupakan perbuatan mulia yang dianjurkan dalam agama Islam.

Di sisi lain, nafkah merupakan kewajiban bagi seorang Muslim untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, seperti pangan, sandang, dan papan. Nafkah ini termasuk dalam hukum fardhu kifayah, yang artinya menjadi kewajiban umat Muslim untuk dipenuhi, namun jika sudah ada yang melaksanakannya, maka tidak diwajibkan bagi yang lain. Nafkah keluarga harus dipenuhi oleh seorang suami terhadap istrinya dan anak-anaknya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Aku Percaya dan Aku Cinta
0 Suka, 0 Komentar, 15 Okt 2017

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.