Tampang

Mana yang Didahulukan, Sedekah atau Nafkahi Keluarga? Bagaimana Hukumnya?

23 Jul 2024 21:31 wib. 144
0 0
Mana yang Didahulukan, Sedekah atau Nafkahi Keluarga? Bagaimana Hukumnya?
Sumber foto: pinterest

Dalam agama Islam, kedua perbuatan ini memiliki kedudukan yang mulia. Sedekah disunnahkan untuk dilakukan sebanyak-banyaknya, namun tidak boleh sampai mengabaikan kewajiban nafkah kepada keluarga. Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik perlakuannya terhadap keluarganya, dan saya adalah yang paling baik di antara kalian kepada keluargaku." (HR. Tirmidzi).

Dalam menentukan mana yang didahulukan antara sedekah dan nafkah, kedua perbuatan ini harus dilihat sesuai dengan kadar urgensi dan kebutuhan. Jika seseorang memiliki keluarga yang membutuhkan nafkah, maka nafkah kepada keluarga menjadi prioritas utama. Namun, jika kebutuhan keluarga sudah terpenuhi dan masih ada harta yang bisa disedekahkan, maka dianjurkan untuk memberikan sedekah sebanyak-banyaknya.

Dalam menentukan mana yang didahulukan antara kedua perbuatan ini, seseorang harus memiliki kesadaran dan kebijaksanaan dalam mengatur keuangan serta memiliki pemahaman yang mendalam akan ajaran agama Islam. Kedua perbuatan ini tidak saling bertentangan, namun bisa dilakukan secara seimbang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan.

Berdasarkan hukumnya, memberikan nafkah kepada keluarga merupakan kewajiban yang harus dipenuhi, sedangkan memberikan sedekah adalah perbuatan yang dianjurkan. Dalam agama Islam, keseimbangan antara kewajiban dan perbuatan dianjurkan sangat diperhatikan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.