Tampang

Kok Masih Benci pada Simbol Bintang Daud?

25 Jul 2017 15:13 wib. 26.132
0 0
Kok Masih Benci pada Simbol Bintang Daud?

Heksagram yang telah dikenal oleh berbagai suku bangsa selama berabad-abad ini kemudian diadopsi oleh Raja Daud (1040–970 SM) sebagai simbol kerajaannya. Heksagram yang digunakan oleh Raja Daud sebagai simbol kerajaannya inilah yang dinamakan Bintang Daut atau Magen Davids. Simbol kerajaan ini juga yang kemudian digunakan oleh putranya, Raja Sulaiman.

(Nah, kalau Borobudur dibangun oleh Sulaiman pastinya simbol Bintang Daud ditemukan pada candi yang yang terletak di Muntilan Jawa tengah tersebut)

Pada abad ke 17 Bintang Daud menjadi populer di kalangan umat Yahudi setelah simbol ini diletakan di luar sebuah sinagog. Tujuan peletakan simbol Bintang Daud tersebut untuk membedakannya dari rumah ibadah umat kristiani. Selanjutnya, Bintang Daud menjadi lebih identik dengan Yahudi setelah diadaptasi sebagai simbol gerakan Zionis pada 1897.

Simbol Bintang David yang telah identik dengan Zionis ini kemudian diadopsi menjadi lambang bendera Israel pada 28 Oktober 1948. Ketika itu sejumlah politikus Arab Israel mengajukan permintaan untuk evaluasi ulang bendera Israel, dengan dasar bahwa "Bintang Daud" itu secara eksklusif hanya merupakan simbol orang Yahudi.

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tampil Cantik Dengan Brokoli
0 Suka, 0 Komentar, 21 Mei 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?