Tampang

Jualan Untung Gede....Apa Kata Islam

18 Apr 2017 11:58 wib. 2.920
0 0
Jualan untung

Jualan Untung Gede...Apa Kata Islam - Dalam Islam berdagang merupakan profesi yang mulia. Berdagang merupakan cara yang efektif untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Dan juga dapat menjadi sarana agar dapat membantu sesama saudara dalam memenuhi kebutuhan barang komoditas serta mempunyai banyak manfaat bagi banyak orang.

Dalam bahasa Arab berdagang dikenal dengan sebutan ba'idan tijarah. Kata bai' dan tijarah itu sendiri memiliki makna yang berbeda, yaitu ba'i berarti tukar menukar barang dengan yang lain, hanya sebatas untuk memenuhi kebutuhan saja, tidak sampai mendapatkan keuntungan sedangkan untuk tijarah menitik beratkan pada keuntungan atau laba.Akan tetapi keduanya mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan.

Lalu bagaimana dengan pedagang yang mengambil keuntungan yang besar dalam melakukan kegiatan berdagang? Islam tidak memberikan standar tentang pengambilan laba dalam berdagang atau jual beli. Tetapi sudah sepantasnya untuk tidak mendholimi sesama muslim dengan mengambil untung yang terlalu besar. Karena dengan mengambil keuntungan yang besar tentu saja memberatkan kepada pihak pembeli.

Sebagaimana yang dilakukan Rasulullah dalam dal berdagang, beliau tidak menyebutkan harga pokok barangnya denga tujuan agar konsumen tidak merasa rugi serta merasa dipermainkan harga. Karena dengan demikian pembeli akan menerima dengan laba yang diambil oleh pihak penjual asalkan masih dalam tahap wajar.

<12>

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Peraturan Baru dari Pemerintah, Seluruh Motor dan Mobil Wajib Miliki Asuransi Mulai 2025. Apakah Anda Setuju?