Tampang

Hewan Qurban yang Diutamakan Pada Bulan Dzulhijjah

2 Jun 2024 08:41 wib. 60
0 0
Hewan Qurban yang Diutamakan Pada Bulan Dzulhijjah
Sumber foto: Google

Bulan Dzulhijjah merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim, dimana salah satu amalan yang sangat ditekankan adalah pelaksanaan ibadah qurban. Qurban merupakan persembahan hewan yang dilakukan oleh umat Muslim sebagai wujud rasa syukur dan pengorbanan kepada Allah SWT. Dalam pelaksanaannya, tidak semua jenis hewan dapat dijadikan qurban, terdapat beberapa hewan yang diutamakan untuk berkurban pada bulan Dzulhijjah.

Salah satu hewan yang diutamakan untuk berkurban pada bulan Dzulhijjah adalah kambing. Kambing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di masyarakat. Dalam konteks ibadah qurban, kambing memiliki peran penting karena telah menjadi pilihan yang dianjurkan berdasarkan tuntunan agama. Kambing yang akan dijadikan qurban harus memenuhi syarat-syarat tertentu, seperti sehat, tidak cacat, dan memiliki berat tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Selain kambing, sapi juga merupakan hewan yang sangat diutamakan untuk dijadikan qurban pada bulan Dzulhijjah. Sapi memiliki nilai keutamaan yang tinggi dalam ibadah qurban karena kebesarannya. Sapi yang akan dijadikan qurban harus memiliki ukuran tertentu sesuai dengan ketentuan agama, dan juga harus memenuhi syarat-syarat kesehatan serta tidak memiliki cacat yang mengurangi nilainya sebagai qurban.

Di samping kambing dan sapi, unta juga termasuk dalam hewan yang diutamakan untuk dijadikan qurban pada bulan Dzulhijjah. Unta memiliki keistimewaan tersendiri dalam konteks pelaksanaan ibadah qurban, karena dalam beberapa hadis disebutkan bahwa unta memiliki keutamaan yang melebihi hewan lainnya dalam hal qurban. Unta yang akan dijadikan qurban harus memenuhi syarat-syarat yang sama dengan kambing dan sapi, seperti sehat, tidak cacat, dan memiliki ukuran yang sesuai dengan ketentuan agama.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%