Tampang

Mengenal Puasa Daud, Shaum Sunnah Paling Utama Menurut Rasulullah

24 Jul 2024 05:28 wib. 115
0 0
Mengenal Puasa Daud, Shaum Sunnah Paling Utama Menurut Rasulullah
Sumber foto: pinterest

Puasa adalah salah satu ibadah yang menjadi bagian integral dalam agama Islam. Selain puasa wajib di bulan Ramadhan, terdapat pula puasa-puasa sunnah yang dianjurkan untuk dilakukan sebagai bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Diantaranya adalah Puasa Daud, yang menjadi salah satu Shaum Sunnah paling utama menurut ajaran Rasulullah SAW.

 Puasa Daud merupakan puasa yang dilakukan secara berselang-seling, yaitu sehari berpuasa dan sehari berbuka. Puasa ini diambil dari Nabi Daud AS, yang menyatakan bahwa puasa ini merupakan puasa yang paling dicintai oleh Allah SWT. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan umatnya untuk melaksanakan puasa ini sebagai bentuk ibadah yang dianjurkan.

Rasulullah SAW bersabda, “Puasa yang paling dicintai oleh Allah adalah puasa Nabi Daud, dia tidur malam dan berpuasa sehari, kemudian berbuka pada hari berikutnya.” (HR. Bukhari-Muslim).

 Puasa Daud memiliki beberapa keutamaan dan manfaat yang dapat dirasakan oleh umat Islam yang melaksanakannya. Pertama, puasa ini dapat mendatangkan keberkahan dari Allah SWT. Kedua, puasa Daud juga mampu menjaga tubuh dari penyakit dan memberikan kesempatan untuk istirahat secara menyeluruh karena berpuasa dan berbuka bergantian. Selain itu, puasa semacam ini juga memiliki manfaat kesehatan, seperti membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme tubuh.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?