Tampang

Festival Agama Hindu Holi, Diwali, dan Navaratri

22 Jul 2024 22:53 wib. 110
0 0
Festival Hindu
Sumber foto: Google

Diwali: Festival Cahaya dan Kemenangan

Diwali, atau Deepavali, adalah festival Hindu yang dirayakan selama lima hari pada bulan Oktober atau November. Festival ini dikenal sebagai Festival Cahaya, dan merupakan salah satu festival terbesar dalam agama Hindu. Diwali merayakan kemenangan cahaya atas kegelapan, kebaikan atas kejahatan, dan pengetahuan atas kebodohan.

Diwali terkait dengan berbagai kisah dalam mitologi Hindu, tetapi salah satu cerita yang paling terkenal adalah kembalinya Rama ke Ayodhya setelah mengalahkan raja iblis Ravana, seperti yang diceritakan dalam epik Ramayana. Masyarakat Ayodhya menyambut kepulangan Rama dengan menyalakan lampu-lampu minyak, yang kemudian menjadi tradisi untuk menyalakan diyas (lampu minyak) selama Diwali.

Selama Diwali, rumah-rumah dihias dengan lampu, rangoli (hiasan lantai berwarna-warni), dan lilin. Orang-orang juga melakukan puja (ibadah) kepada dewi Lakshmi, dewi kekayaan dan kemakmuran. Festival ini juga diwarnai dengan pembagian kue dan permen, serta pelaksanaan pertunjukan kembang api yang meriah.

Navaratri: Perayaan Kesembilan Malam dan Kemenangan Dewi Durga

Navaratri adalah festival Hindu yang berlangsung selama sembilan malam dan sepuluh hari, biasanya pada bulan September atau Oktober. Festival ini adalah perayaan untuk menghormati Dewi Durga, simbol kekuatan dan perlindungan. Nama Navaratri berarti "sembilan malam" dalam bahasa Sanskerta, dan setiap malam didedikasikan untuk salah satu dari sembilan bentuk Dewi Durga.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?