Tampang

Bolehkah Kita Shalat Tidak Menggunakan Peci?

5 Apr 2018 11:24 wib. 1.187
0 0
Bolehkah Kita Shalat Tidak Menggunakan Peci?

Dalam Fatwa yang dikeluarkan oleh Syaikh ‘Athiyah Shaqr Rahimahullah pun menunjukkan kebolehan orang tidak menutup kepala saat shalat, karena tak ada hadits shahih yang menganjurkan orang agar menutup kepala saat shalat. Kalaupun harus, maka itu hanyalah kebiasaan saja. Jika memang menutup kepala telah dikenal secara baik dan merupakan adab-ada secara umum, maka hal itu pun menjadi anjuran dalam shalat sebagai dasar dalam konsekuensi hukum Al ‘Urf atau tradisi terhadap sesuatu yang tidak ada dalil syara’nya. Dan Jika tradisi tersebut selain dari itu, maka tidak haram kita membuka kepala., karena apa-apa yang dipandang baik oleh kaum muslimin, maka hal itu pun baik disisi Allah SWT.

Namun disamping itu, Para Ulama Kuwait menfatwakan hal ini Dalam Al Mausu’ah Al Fiqhiyyah Al Kuwaitiyah bahwa menutup kepala saat shalat merupakan sunnah. Bahkan Imam Ibnu Taimiyah dalam Fatawa Al Kubra menghukumi makruh seseorang yang tidak menutup kepala saat sholat.

Terlepas dari perbedaan pendapat diatas. Intinya kita diperbolehkan tidak menutup kepala saat sholat, karena di Indonesia sendiri menutup saat sholat merupakan adat dan kebiasaan setempat, dan tidak ada dalil yang shahih yang menganjurkannya.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Facebook masih Aman. PRISM masih Fiksi
0 Suka, 0 Komentar, 16 Apr 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?