Tampang

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Perspektif Dalam Islam

24 Mar 2024 08:49 wib. 136
0 0
Ibu Hamil Berpuasa

Ibu hamil adalah salah satu golongan yang memerlukan penjagaan khusus dalam menjalani ibadah-ibadah tertentu, termasuk puasa. Dalam perspektif Islam, puasa merupakan salah satu dari lima rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh umat Muslim yang telah baligh dan sehat. Namun, bagaimana hukum puasa bagi ibu hamil dalam Islam?

Dalam Islam, perlindungan terhadap kesehatan ibu dan janin di dalam kandungan adalah sangat penting. Sebagaimana yang tercantum dalam Al-Qur'an dan hadis-hadis Nabi Muhammad SAW, kesehatan dan keselamatan merupakan prioritas dalam menjalankan ibadah. Oleh karena itu, jika ibu hamil merasakan puasa dapat membahayakan kesehatannya atau janin yang dikandungnya, maka dia diperbolehkan untuk tidak berpuasa.

Sebagaimana yang terdapat dalam Al-Qur'an surat Al-Baqarah ayat 185, "Maka barangsiapa di antara kamu ada pada bulan itu, hendaklah dia berpuasa. Dan barangsiapa sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa), sebanyak hari yang ditinggalkannya itu, pada hari-hari yang lain. Allah menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu."

Dari ayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa Allah SWT mengetahui segala kondisi umat-Nya dan memberikan keringanan bagi orang-orang yang dalam kondisi tertentu, termasuk ibu hamil. Hukum yang dapat diambil adalah bahwa puasa ibu hamil yang bisa membahayakan kesehatannya atau janinnya diperbolehkan untuk tidak dijalankan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Keajaiban Merubah Sudut Pandang
0 Suka, 0 Komentar, 20 Jan 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?