Tampang

Bolehkah Ibu Hamil Berpuasa? Perspektif Dalam Islam

24 Mar 2024 08:49 wib. 386
0 0
Ibu Hamil Berpuasa

Dari ayat tersebut, dapat disimpulkan bahwa Allah SWT mengetahui segala kondisi umat-Nya dan memberikan keringanan bagi orang-orang yang dalam kondisi tertentu, termasuk ibu hamil. Hukum yang dapat diambil adalah bahwa puasa ibu hamil yang bisa membahayakan kesehatannya atau janinnya diperbolehkan untuk tidak dijalankan.

Dalam hal ini, hadis Nabi Muhammad SAW juga memberikan penjelasan yang mendukung kebijakan Allah SWT terhadap keringanan dalam puasa bagi ibu hamil. Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda, "Allah tidak menghendaki darimu (mengerjakan) suatu kewajiban (ibadah) dengan menyusahkan diri, tetapi Dia menghendaki darimu kemudahan saja."

Namun, dalam beberapa kasus di mana ibu hamil masih dapat menjalani puasa tanpa membahayakan kesehatannya atau janin yang dikandungnya, maka dianjurkan bagi ibu hamil untuk tetap menjalankan puasa. Hal ini sejalan dengan kewajiban setiap Muslim untuk mengisi bulan suci Ramadan dengan ibadah, termasuk puasa.

Sebagai seorang Muslim, ibu hamil perlu melakukan kajian mendalam terkait dengan kondisi kesehatan dan janin yang dikandungnya sebelum memutuskan untuk berpuasa atau tidak. Konsultasi dengan tenaga medis atau dokter kandungan juga sangat dianjurkan untuk mendapatkan penilaian yang lebih akurat terkait dengan kelayakan ibu hamil dalam menjalani puasa.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.