Tampang

6 Kewajiban Menantu Perempuan Terhadap Mertua Dalam Islam

16 Mei 2024 05:23 wib. 142
0 0
6 Kewajiban Menantu Perempuan Terhadap Mertua Dalam Islam
Sumber foto: google

1. Menghormati dan Memuliakan
Menurut ajaran Islam, mertua adalah orang tua yang harus dihormati sebagaimana kita menghormati orang tua kandung sendiri. Menghormati dan memuliakan mertua pun menjadi salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh menantu perempuan atau juga laki-laki. Apalagi, Rasulullah SAW sangat menekankan pentingnya menghormati dan memuliakan ibu, dan ini juga mencakup mertua.

Menghormati mertua bukan hanya sekedar kewajiban, tetapi juga merupakan bagian dari ibadah. Dalam sebuah hadis qudsi, Rasulullah SAW bersabda, "Danapabila Engkau ingin menghormati, maka baringkanlah tempat duduk orang tua tua dan banyakkanlah salam." Oleh karena itu, menghormati mertua merupakan bentuk ibadah kepada Allah SWT yang akan mendatangkan pahala.

2. Bersikap Baik
Menjadi menantu juga berarti menjadi anak bagi mertua. Itulah mengapa menantu perempuan wajib bersikap baik kepada mertua. Setiap menantu harus selalu bersikap baik, sopan, lembut, dan penuh kasih kepada mertua mereka, sebagaimana yang disebutkan dalam Al-Qur'an surat Al-Isra' ayat 23, "Dan tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak."

Sikap baik yang ditunjukkan kepada mertua akan memperkuat hubungan keluarga dan menciptakan ikatan yang harmonis antara mertua, menantu, dan suami. Sebuah hadis menyebutkan bahwa kebaikan terhadap mertua merupakan salah satu jalan menuju surga.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Fakta Seputar Kulit Ayam
0 Suka, 0 Komentar, 31 Mar 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%