Tampang

10 Negara Ini Punya Utang Terbanyak ke IMF, Ada RI?

23 Jun 2024 18:47 wib. 47
0 0
10 Negara Ini Punya Utang Terbanyak ke IMF, Ada RI?
Sumber foto: iStock

International Monetary Fund (IMF) adalah lembaga keuangan internasional yang memberikan pinjaman kepada negara-negara yang mengalami krisis ekonomi. IMF memiliki peran penting dalam memberikan bantuan keuangan bagi negara-negara yang membutuhkan. Indonesia sendiri telah terlibat dalam sejarah kerjasama dengan IMF, terutama pada masa-masa sulit dalam bidang ekonomi.

IMF memberikan berbagai jenis pinjaman kepada negara-negara yang membutuhkan bantuan finansial, terutama saat menghadapi krisis ekonomi. Pinjaman tersebut dapat digunakan untuk membantu negara-negara dalam mengatasi berbagai masalah ekonomi, seperti mengendalikan inflasi, mengatasi krisis mata uang, atau mendukung program reformasi ekonomi dan sosial. IMF juga turut serta dalam memberikan bantuan kepada negara-negara dengan penghasilan rendah dan menengah untuk mengurangi kemiskinan.

Peran IMF memiliki perbedaan signifikan dibandingkan dengan World Bank. Sementara IMF bertanggung jawab atas pengawasan dan stabilitas sistem moneter dunia, World Bank fokus pada upaya mengurangi kemiskinan dengan memberikan bantuan finansial kepada negara-negara yang membutuhkan.

Sejauh ini, IMF telah memberikan pinjaman kepada hampir 100 negara anggota dengan total utang yang disalurkan mencapai US$111 miliar. Selain itu, terdapat 10 negara dengan utang tertinggi di IMF. Argentina menjadi negara dengan utang terbesar di IMF dengan jumlah mencapai US$41,11 miliar. Sementara itu, Mesir dan Ukraina masing-masing memiliki utang sebesar US$14,4 miliar dan US$11,94 miliar.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Akhirnya UU Teroris Disahkan DPR
0 Suka, 0 Komentar, 25 Mei 2018

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%