Tampang

Siapa Capres AS Pilihan Xi Jinping, China Dukung Kamala atau Trump?

14 Sep 2024 05:32 wib. 55
0 0
Siapa Capres AS Pilihan Xi Jinping, China Dukung Kamala atau Trump?
Sumber foto: Bloombergtechnoz.com

Pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) adalah salah satu peristiwa politik yang selalu menyita perhatian dunia. Kontestasi ini akan mempertemukan mantan presiden, Donald Trump, yang diusung Partai Republik, dengan Wakil Presiden saat ini dari Partai Demokrat, Kamala Harris. Selain isu-isu dalam negeri, salah satu hal yang menjadi perhatian dunia internasional adalah terkait dengan hubungan AS dengan China yang menjadi bahasan utama antara kedua kandidat ini.

Pertama-tama, mari kita membahas tentang pendekatan Trump terhadap China. Selama masa jabatannya, Trump telah mengusulkan tarif hingga 100% untuk barang-barang China dan tarif menyeluruh sebesar 10%-20% untuk semua impor lainnya. Hal ini menciptakan ketegangan yang cukup berarti antara AS dan China. Sementara itu, Harris, yang diperkirakan akan tetap berpegang pada kebijakan tarif Presiden petahana Joe Biden, juga tidak menutup kemungkinan untuk menerapkan kebijakan yang lebih kuat terhadap China. Biden dan Harris bahkan mengumumkan bea masuk senilai sekitar US$ 18 miliar atas barang impor China, termasuk kendaraan listrik, sel surya, baterai lithium, baja, dan aluminium.

Dalam debat, Harris tidak memberikan rincian tentang kebijakannya terhadap China. Namun, ia secara tegas menyatakan bahwa kebijakan tentang China harus memastikan AS memenangkan persaingan di abad ke-21. Dia menekankan pentingnya fokus pada rincian tentang apa yang dibutuhkan, hubungan dengan sekutu, dan investasi dalam teknologi berbasis Amerika. Di sisi lain, Trump telah menunjukkan kepada dunia bahwa AS bersikap tegas terhadap Tiongkok, dan juga memproklamirkan kebijakan "America First" yang lebih menekankan pada kepentingan dalam negeri, termasuk dalam hubungan dagang dengan China.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?