Tampang

Keberhasilan Kebijakan Sumur Resapan Pada Masa Kepmimpinan Anis Baswedan Berhasil Mengurangi Rasio banjir di DKI jakarta

5 Mei 2024 22:28 wib. 70
0 0
Sumur Resapan Kebijakan Anis Baswedan
Sumber foto: Google

Efek positif dari keberhasilan kebijakan sumur resapan di masa kepemimpinan Anies Baswedan juga terlihat dari berkurangnya jumlah genangan air di permukaan maupun banjir di beberapa daerah di DKI Jakarta. Sumur resapan menjadi solusi yang tepat dalam mengelola air hujan secara terarah, sehingga mengurangi tekanan pada sistem drainase yang sudah ada. Hal ini sejalan dengan visi pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yang diusung oleh pemerintah daerah.

Selain itu, keberhasilan kebijakan sumur resapan juga memberikan dampak positif dalam hal peningkatan kesadaran lingkungan masyarakat. Program-program sosialisasi dan edukasi yang dijalankan oleh pemerintah daerah mengenai pentingnya sumur resapan turut menciptakan kesadaran akan perlunya keterlibatan aktif masyarakat dalam menjaga lingkungan sekitarnya. Hal ini memberikan harapan bahwa keberlanjutan kebijakan sumur resapan akan menyentuh aspek sosial dan budaya masyarakat Jakarta.

Meskipun telah mencapai banyak keberhasilan, masih diperlukan upaya terus-menerus untuk memperkuat kebijakan sumur resapan di DKI Jakarta. Peningkatan jumlah sumur resapan dan pemeliharaannya harus terus didorong, serta sinergi antara pemerintah daerah, sektor swasta, dan masyarakat perlu ditingkatkan guna mencapai tujuan pengendalian banjir yang lebih efektif. Selain itu, monitoring dan evaluasi secara berkala juga perlu dilakukan guna memastikan bahwa keberhasilan kebijakan sumur resapan dapat dipertahankan dan ditingkatkan di masa mendatang.

Dalam konteks penanganan permasalahan banjir, keberhasilan kebijakan sumur resapan pada masa kepemimpinan Anies Baswedan dapat dijadikan contoh bagi daerah lain dalam menghadapi tantangan serupa. Dengan komitmen yang kuat, sinergi antara berbagai pihak, serta partisipasi aktif masyarakat, maka upaya pengendalian banjir melalui sumur resapan dapat memberikan solusi yang berkesinambungan dalam menghadapi perubahan iklim dan pertumbuhan perkotaan.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Yuk Mengenal Sejarah Manusia Modern!
0 Suka, 0 Komentar, 22 Agu 2017

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?