Tampang

Rumah Adat Sumatera Utara: Bolon

27 Jun 2024 19:20 wib. 38
0 0
Rumah Adat
Sumber foto: Google

Rumah adat merupakan bagian penting dalam memperkaya kebudayaan Indonesia. Salah satu rumah adat yang memiliki keindahan dan keunikan tersendiri adalah rumah adat bolon dari Sumatera Utara. Bolon atau juga dikenal dengan nama rumah adat batak toba merupakan salah satu kekayaan budaya yang dimiliki oleh masyarakat Sumatera Utara. 

Rumah adat bolon merupakan rumah adat yang biasanya dihuni oleh keluarga besar. Rumah adat ini memiliki bentuk yang megah dengan atap tinggi dan memiliki detail ukiran yang indah. Rumah adat bolon merupakan simbol dari kemakmuran dan keberhasilan keluarga yang mendiaminya. 

Sumatera Utara sendiri merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki beragam suku dan budaya. Suku Batak Toba adalah salah satu suku yang mendiami wilayah Sumatera Utara yang terkenal dengan kekayaan adat dan budayanya. Rumah adat bolon menjadi salah satu ciri khas dari keberadaan suku Batak Toba di Sumatera Utara.

Atap tinggi merupakan ciri khas dari rumah adat bolon. Atap rumah adat bolon biasanya terbuat dari jerami yang diikat dengan rapi dan memiliki kemiringan yang curam. Selain itu, rumah adat bolon juga memiliki ukiran andung yang merupakan hiasan khas dari rumah adat ini. Ukiran andung memiliki makna filosofis yang dalam bagi masyarakat Batak Toba, dan menjadi ciri khas yang membedakan rumah adat ini dengan rumah adat dari suku lain. 

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Masjid di Istanbul Turki
0 Suka, 0 Komentar, 23 Mar 2024

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%