Tampang

Permasalahan yang Membuat Pendidikan di Indonesia Tidak Maju

15 Mar 2024 12:38 wib. 80
0 0
Semangat Belajar Anak Pedalaman NTT
Sumber foto: Google

Pendidikan merupakan salah satu hal yang sangat vital dalam pembangunan suatu negara. Namun sayangnya, di Indonesia, masih banyak permasalahan yang menjadi akar dari kesulitan dalam menjadikan sistem pendidikan menjadi maju. Beberapa akar masalah pendidikan di Indonesia yang belum maju harus diatasi secara bertahap dan berkelanjutan agar upaya pembangunan dan kemajuan pendidikan dapat tercapai dengan baik.

Salah satu akar masalah utama dalam pendidikan di Indonesia adalah kurangnya investasi pada sektor pendidikan. Meskipun anggaran pendidikan meningkat setiap tahunnya, namun masih belum mencapai standar yang memadai. Banyak sekolah di daerah terpencil masih kesulitan mendapatkan fasilitas pendidikan yang layak, seperti ruang kelas yang nyaman, buku teks, peralatan belajar, dan fasilitas penunjang lainnya. Hal ini tentunya menghambat kemajuan pendidikan, terutama bagi anak-anak di daerah-daerah pedalaman yang seharusnya mendapatkan kesempatan yang sama untuk mendapatkan pendidikan berkualitas.

Selain itu, kurangnya kualitas sumber daya manusia di bidang pendidikan juga menjadi akar masalah yang perlu segera ditangani. Banyak guru dan tenaga pendidik yang belum memiliki kualifikasi yang memadai, baik itu dari segi pendidikan maupun keterampilan mengajar. Kualitas guru yang rendah akan berdampak langsung pada kualitas pendidikan yang diberikan kepada siswa. Hal ini juga menjadi salah satu faktor rendahnya standar pendidikan di Indonesia.

Permasalahan birokrasi juga turut menjadi akar masalah utama dalam pendidikan di Indonesia. Birokrasi yang rumit dan kadangkala korupsi di dalam sistem pendidikan membuat penyaluran dana pendidikan tidak efisien. Dana yang seharusnya digunakan untuk peningkatan kualitas pendidikan malah terbengkalai atau digunakan untuk kepentingan pribadi oknum-oknum tertentu. Hal ini tentu menimbulkan ketidakadilan dalam pendidikan dan menyebabkan ketimpangan pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan semakin membesar.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Tren Hijab Segi Empat
0 Suka, 0 Komentar, 30 Agu 2018

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?