Tampang

Tips Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut Anak

25 Mei 2024 20:54 wib. 85
0 0
Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut
Sumber foto: google

Menjaga kesehatan gigi dan mulut anak adalah langkah penting untuk memastikan mereka tumbuh dengan sehat dan memiliki senyuman yang indah. Banyak orang tua mungkin merasa bingung tentang bagaimana cara terbaik untuk merawat gigi anak mereka, terutama karena anak-anak sering kali tidak suka dengan rutinitas menyikat gigi. Berikut adalah beberapa tips yang bisa membantu Anda menjaga kesehatan gigi dan mulut anak dengan lebih efektif.

 1. Mulai dari Dini
Penting untuk memulai perawatan gigi sejak dini, bahkan sebelum gigi pertama anak tumbuh. Gunakan kain lembut yang dibasahi untuk membersihkan gusi bayi setelah makan. Setelah gigi pertama muncul, mulailah menggunakan sikat gigi bayi dengan bulu yang lembut dan air tanpa pasta gigi. 

 2. Sikat Gigi Secara Teratur
Ajarkan anak untuk menyikat gigi dua kali sehari, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Pilih sikat gigi yang sesuai dengan usia anak dan gunakan pasta gigi berfluoride seukuran kacang polong. Pastikan anak menyikat gigi selama dua menit setiap kali. Buat kegiatan ini menyenangkan dengan menggunakan sikat gigi berwarna cerah atau dengan karakter kartun favorit anak.

 3. Ajari Teknik Menyikat yang Benar
Anak-anak perlu diajari cara menyikat gigi yang benar. Ajarkan mereka untuk menyikat semua permukaan gigi, termasuk bagian depan, belakang, dan atas. Gerakan melingkar kecil dan menyikat lidah juga penting untuk menghilangkan bakteri penyebab bau mulut. Awasi anak hingga mereka mampu menyikat gigi sendiri dengan baik, biasanya hingga usia 7 atau 8 tahun.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

lemper ayam
0 Suka, 0 Komentar, 27 Apr 2017
Ternyata Ini Perbedaan MotoGP Dan WSBK
0 Suka, 0 Komentar, 27 Des 2021

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%