Tampang

Pengertian Akselerasi: Memahami Konsep Dasar Gerak

21 Jun 2024 17:43 wib. 62
0 0
Pengertian Akselerasi
Sumber foto: Google

 Penjelasan Konsep Akselerasi

Akselerasi bisa terjadi dalam berbagai bentuk gerak, baik gerak lurus maupun gerak melingkar. Dalam gerak lurus, akselerasi dapat menyebabkan perubahan kecepatan benda, baik peningkatan maupun penurunan kecepatan. Sedangkan dalam gerak melingkar, akselerasi menghasilkan perubahan arah gerak benda tanpa harus berpengaruh pada kecepatan linier benda.

Salah satu contoh penerapan konsep akselerasi dalam kehidupan sehari-hari adalah pada saat mengendarai mobil. Ketika mobil melaju dari keadaan diam, percepatan yang dirasakan oleh pengendara adalah akibat dari akselerasi mobil. Begitu pula ketika mobil berhenti mendadak, pengendara akan merasakan deselerasi yang disebabkan oleh gaya akselerasi negatif.

Dalam persamaan gerak, akselerasi selalu berkaitan dengan gaya yang bekerja pada suatu benda. Hukum Newton yang kedua menyatakan bahwa gaya yang bekerja pada suatu benda adalah hasil perkalian antara massa benda dan akselerasi yang diberikan padanya. Oleh karena itu, gaya yang bekerja pada suatu benda dapat menyebabkan perubahan akselerasi, yang kemudian akan mempengaruhi gerak benda tersebut.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%