Tampang

Pengertian Akselerasi: Memahami Konsep Dasar Gerak

21 Jun 2024 17:43 wib. 54
0 0
Pengertian Akselerasi
Sumber foto: Google

Akselerasi merupakan salah satu konsep penting dalam mempelajari mengenai gerak. Dalam fisika, akselerasi memiliki definisi yang jelas sebagai ukuran perubahan kecepatan suatu benda per satuan waktu. Konsep ini memiliki peran yang sangat penting dalam mempelajari gerak, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bidang ilmu pengetahuan.

 Pengertian Akselerasi

Akselerasi dapat didefinisikan sebagai perubahan kecepatan suatu benda per satuan waktu. Kecepatan adalah besaran vektor, yang berarti kecepatan tidak hanya berkaitan dengan besaran (magnitudo) tetapi juga arahnya. Oleh karena itu, perubahan kecepatan bisa terjadi karena adanya perubahan magnitudo kecepatan, perubahan arah kecepatan, atau keduanya sekaligus.

Konsep akselerasi ini diukur dalam satuan meter per detik kuadrat (m/s^2). Jika suatu benda mengalami peningkatan kecepatan sebesar 5 m/s dalam waktu 2 detik, maka akselerasi benda tersebut adalah 2,5 m/s^2. Besaran akselerasi menjadi penting karena melibatkan perubahan kecepatan, yang merupakan aspek yang cukup sering terjadi dalam berbagai situasi gerak.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%