Tampang

Parotitis: Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

27 Jun 2024 15:47 wib. 44
0 0
Pengertian Parotitis
Sumber foto: Google

Pengobatan parotitis tergantung pada penyebabnya. Jika disebabkan oleh infeksi virus seperti gondong, perawatan biasanya melibatkan istirahat, konsumsi cairan yang cukup, dan penggunaan obat pereda nyeri seperti ibuprofen. Pengobatan antibiotik mungkin diperlukan jika parotitis disebabkan oleh infeksi bakteri.

Dalam kasus parotitis aseptik, penanganan dilakukan dengan melembutkan kelenjar parotis melalui kompres hangat atau oral rehidrasi therapy jika disebabkan oleh dehidrasi.

Pencegahan parotitis dapat dilakukan dengan vaksinasi MMR (mumps, measles, dan rubella) yang dapat memberikan perlindungan terhadap virus gondong. Selain itu, menjaga kebersihan diri, terutama mencuci tangan secara teratur, juga dapat membantu mencegah penyebaran infeksi virus atau bakteri yang dapat menyebabkan parotitis.

Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter atau profesional kesehatan jika mengalami gejala parotitis. Pemeriksaan medis diperlukan untuk menentukan penyebabnya dan menentukan pengobatan yang paling tepat.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%