Tampang

Ibu Kota Albania: Tirana, Ibukota yang Berwarna-warni

20 Jul 2024 21:09 wib. 127
0 0
Kota Tirana
Sumber foto: Google

Tirana, ibu kota Albania, merupakan kota yang kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam. Terletak di bagian tengah Albania, Tirana memiliki populasi sekitar 900 ribu jiwa dan merupakan pusat politik, ekonomi, dan budaya negara tersebut. Dalam artikel ini, kita akan menjelajahi keunikan dan keindahan Tirana sebagai ibu kota Albania.

Sejarah Tirana
Tirana memiliki sejarah panjang yang dimulai pada zaman Kekaisaran Romawi. Pada abad ke-17, Tirana merupakan pusat administrasi kesultanan Utsmaniyah. Perkembangan arsitektur kota ini sangat dipengaruhi oleh periode kesultanan Utsmaniyah, dan jejak-jejak sejarah ini masih dapat dilihat di banyak bangunan dan jalan di Tirana.

Keindahan Alam
Tirana dikelilingi oleh pegunungan yang menghadirkan pemandangan alam yang spektakuler. Pegunungan Dajti yang menjulang tinggi menjadi daya tarik utama bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam Tirana. Wisata alam di sini beragam, mulai dari hiking, bersepeda, hingga menikmati pemandangan indah dari ketinggian.

Arsitektur yang Berwarna-warni
Tirana juga dikenal dengan arsitektur uniknya yang penuh warna. Pada tahun 2000, Wali Kota Tirana saat itu, Edi Rama, memulai proyek "Tirana yang Berwarna-warni" di mana gedung-gedung dan bangunan di kota ini dicat dengan warna-warna cerah untuk menghadirkan suasana yang lebih ceria dan menarik. Hal ini menjadikan Tirana memiliki tampilan arsitektur yang unik dan menawan.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?