Tampang

Guru Besar UI: Menuju Indonesia Emas, Dibutuhkan Individu Berkarakter Sosial di dalam Politik

27 Mei 2024 10:40 wib. 109
0 0
Guru Besar UI: Menuju Indonesia Emas, Dibutuhkan Individu Berkarakter Sosial di dalam Politik

Prof. Bambang juga menyoroti tantangan yang dihadapi dalam proses konsolidasi demokrasi di Indonesia. Meskipun telah mencapai banyak kemajuan dalam bidang ini, namun masih terdapat sejumlah agenda penting yang belum terselesaikan. Oleh karena itu, diperlukan peran aktif dari individu yang memiliki karakter sosial yang kuat di dalam dunia politik untuk memastikan terlaksananya pembangunan demokrasi yang sehat.

Dalam konteks politik, Prof. Bambang menegaskan bahwa keberadaan individu dengan karakter sosial yang kuat memiliki peran strategis dalam menciptakan pemimpin-pemimpin yang mampu melaksanakan kepemimpinan dengan penuh nilai-nilai kemanusiaan. Politisi yang memiliki kesadaran akan pentingnya kepentingan kolektif akan mampu menjadi perpanjangan dari suara masyarakat yang mereka wakili. 

Di samping itu, politisi yang mampu menjaga keseimbangan antara karakter dan kompetensi dalam bidang ekonomi, politik, serta sosial budaya akan mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dengan begitu, demokrasi dapat menjadi wadah untuk mewujudkan perubahan positif dalam masyarakat, karena para politisi akan berjuang untuk kepentingan bersama.

Dalam mewujudkan Indonesia Emas, tidak dapat dipungkiri bahwa aspek politik memiliki peran yang sangat penting. Oleh karena itu, dibutuhkan kesadaran kolektif dari masyarakat untuk memilih dan mendukung para pemimpin yang memiliki karakter sosial yang kokoh. Selain itu, diperlukan pendidikan politik yang kuat agar masyarakat dapat memahami pentingnya keterlibatan dalam proses politik dan merasakan dampak positif dari partisipasimereka.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%