Tampang

Campak: Penyakit Menular yang Perlu Diwaspadai

22 Jun 2024 18:36 wib. 288
0 0
Pengertian Campak
Sumber foto: Google

Campak merupakan salah satu penyakit yang perlu diwaspadai karena sifatnya yang sangat menular. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, terutama anak-anak. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memahami pengertian, gejala, penularan, serta cara pencegahan campak.

Pengertian Campak

Campak merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus rubella. Virus ini dapat menginfeksi lapisan dalam tenggorokan dan hidung, yang selanjutnya menyebar melalui udara ketika seseorang yang terinfeksi batuk atau bersin. Virus campak juga mampu bertahan di udara atau permukaan yang terkena percikan air liur orang yang terinfeksi.

Gejala Campak

Gejala campak umumnya muncul dalam kurun waktu 7-14 hari setelah terpapar virus. Gejala awal biasanya mirip dengan flu, seperti demam, batuk, hidung tersumbat, hingga mata yang merah dan sensitif terhadap cahaya. Setelah itu, ruam merah akan muncul di seluruh tubuh, dimulai dari wajah dan menyebar ke seluruh badan. Gejala ini biasanya berlangsung selama 7-10 hari dan dapat menyebabkan komplikasi serius, terutama pada anak-anak.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Ikhlas Menghadapi Teman Palsu
0 Suka, 0 Komentar, 15 Feb 2018

POLLING

Apakah Indonesia Menuju Indonesia Emas atau Cemas? Dengan program pendidikan rakyat seperti sekarang.