Selain itu, memasukkan e-sport ke dalam kurikulum juga akan membantu dalam mengembangkan ilmu baru di bidang ini. Dengan adanya kurikulum yang terstruktur, mahasiswa dapat mempelajari beragam aspek yang terkait dengan e-sport, seperti manajemen turnamen, manajemen tim, pemasaran, hingga hukum dan regulasi yang berlaku. Hal ini akan menciptakan para ahli e-sport yang memiliki pemahaman yang kokoh mengenai berbagai aspek yang menjadi fondasi industri ini.
Tidak hanya itu, pengembangan ilmu baru di bidang e-sport juga akan membuka peluang untuk riset dan inovasi. Mahasiswa yang berminat dalam bidang penelitian dapat menjadikan e-sport sebagai topik kajian yang menarik. Dari sisi teknologi, psikologi, hingga dampak sosial, e-sport menawarkan beragam bidang riset yang menjanjikan.
Langkah Universitas Indonesia untuk memasukkan e-sport ke dalam kurikulumnya bukan hanya sekadar mengikuti tren semata. Hal ini merupakan sebuah langkah strategis untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi perkembangan industri game dan e-sport secara global. Dengan adanya peminatan e-sport, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan sehingga mampu bersaing secara kompetitif di kancah industri e-sport yang semakin berkembang.