Tampang

Xenofobia: Pengertian dan Dampaknya dalam Masyarakat

18 Jul 2024 22:02 wib. 97
0 0
Pengertian Xenofobia
Sumber foto: Google

Xenofobia merupakan sebuah fenomena sosial yang terjadi di berbagai belahan dunia, yang berkaitan dengan ketidaknyamanan atau kebencian terhadap orang asing atau yang dianggap sebagai asing. Fenomena ini seringkali muncul akibat ketakutan, ketidaktahuan, atau ketidakmampuan seseorang atau sekelompok orang untuk menerima atau berinteraksi dengan orang-orang dari latar belakang budaya, etnis, atau nasionalitas yang berbeda. Dalam artikel ini, kita akan memberikan penjelasan lebih dalam mengenai pengertian xenofobia serta dampaknya dalam masyarakat.

 Pengertian Xenofobia

Xenofobia berasal dari bahasa Yunani, di mana "xenos" berarti orang asing, dan "phobos" berarti ketakutan. Sehingga secara harfiah, xenofobia berarti ketakutan terhadap orang asing. Namun, dalam konteks sosial dan psikologis, xenofobia lebih dari sekadar ketakutan. Xenofobia mencakup sikap negatif, kebencian, atau prasangka terhadap orang-orang yang dianggap "berbeda" dalam suatu masyarakat.

Faktor-faktor yang dapat memicu xenofobia antara lain adalah ketidaktahuan, pengalaman negatif dengan orang asing, upaya politik untuk menciptakan persepsi negatif terhadap kelompok tertentu, serta perasaan ketidakamanan ekonomi dan sosial. Xenofobia dapat muncul dalam bentuk-bentuk perilaku diskriminatif, kekerasan, penolakan terhadap imigran, atau bahkan aksi teror.

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Partai Lebih Mengutamakan Aspirasi Rakyat atau Kekuasaan?