Tampang

10 Sungai Terpanjang di Benua Amerika dan Penjelasannya

2 Apr 2024 08:55 wib. 75
0 0
Sungai Yukon

Sungai memiliki daya tarik yang tak dapat diabaikan, tidak hanya karena kebanyakan dari mereka berada di latar film-film Hollywood, tetapi juga karena keindahannya yang mempesona. Benua Amerika memiliki beberapa sungai yang begitu panjang dan menarik untuk dijelajahi. Dalam artikel ini, kita akan melihat 10 sungai terpanjang di Benua Amerika beserta penjelasannya.

1. Sungai Amazon

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang di Benua Amerika, yang membentang lebih dari 6.400 km dan melintasi 9 negara. Aliran Sungai Amazon dimulai dari Pegunungan Andes di Peru dan berakhir di Samudra Atlantik di lepas pantai Brazil. Sungai ini menjadi rumah bagi lebih dari 3.000 spesies ikan, di antaranya piranha yang terkenal. Hutan hujan di tepi Sungai Amazon juga menjadikannya sebagai habitat banyak spesies mamalia, serta menjadi objek wisata menarik dengan kapal pesiar.

2. Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson

Sungai Mississippi-Missouri-Jefferson adalah gabungan dari tiga sungai dengan panjang total sekitar 36.275 km. Sungai Missouri adalah sungai terpanjang di antara ketiga sungai ini sebelum bergabung dengan Sungai Mississipi. Sungai Missouri melintasi beberapa negara bagian di Amerika, seperti Montana, North Dakota, South Dakota, Nebraska, Iowa, Kansas, dan Missouri. Sungai yang juga menjadi jalur perdagangan dan transportasi ini dihuni oleh berbagai hewan dan tumbuhan.

3. Sungai Parana

Sungai Parana merupakan sungai terpanjang berikutnya di Benua Amerika, dengan panjang sekitar 4.880 km. Sungai ini memiliki peranan penting dalam bidang pertanian, pembangkit tenaga listrik, dan transportasi di negara yang dilaluinya. Hutan di sekitar Sungai Parana juga menjadi habitat bagi hewan langka, seperti golden-rumped lion tamarin.

4. Sungai Mackenzie-Peace-Finlay

<123>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Aturan Pemilu Perlu Direvisi?