Tampang

Waspadai Indikator BBM Selalu Penuh di Mobil, Dapat Mengakibatkan Mobil Mogok

1 Mei 2024 22:24 wib. 92
0 0
Speedometer Fortuner VRZ

"Ketika permukaan bahan bakar naik, nilai tahanan akan berubah, sehingga akan mengubah tegangan listrik yang menuju ke speedometer atau tepatnya ke indikator BBM. Tahanan ini bisa rusak," ungkap Hardi.

Selain kerusakannya, Hardi juga menjelaskan bahwa pembersihan merupakan langkah awal sebelum menggantinya karena biaya penggantian cukup tinggi. "Jika resistor tertutup kotoran, pembacaan nilai tegangan bisa terganggu. Jika setelah dibersihkan nilai kembali normal, maka tidak perlu diganti. Namun, jika sudah tidak ada perubahan, maka penggantian wajib dilakukan," tambah Hardi.

Menurut Hardi, beberapa jenis mobil menyediakan fuel sender secara terpisah di pasaran, namun ada pula yang dijual sebagai satu set dengan fuel pump assy sehingga harganya jauh lebih mahal.

"Harganya bervariasi, mulai dari Rp 350.000 hingga jutaan rupiah untuk penggantian perangkat ini. Mobil seperti X-Trail atau Serena tidak menyediakan fuel sender secara terpisah, sehingga jika perlu diganti, harus sebagai satu set dengan pompa dan filternya," jelas Hardi.

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

Jatuh Cinta dalam Islam...
0 Suka, 0 Komentar, 14 Okt 2017

POLLING

Apakah DPR akan Merubah Aturan Pembagian Bansos?