Tampang

Pemprov Sumut: Kawasan Pulo Sibandang Berpotensi Menjadi Destinasi Wisata Unggulan di Sekitar Danau Toba

5 Jun 2024 05:10 wib. 45
0 0
Pulo Sibandang Danau Toba
Sumber foto: google

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara mengumumkan bahwa Kawasan Pulo Sibandang di Kabupaten Tapanuli Utara memiliki potensi untuk menjadi destinasi wisata unggulan di sekitar Danau Toba.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, dan Ekonomi Kreatif (Disbudparekraf) Sumut, Zumri Sulthony, Pulo Sibandang memiliki potensi besar karena termasuk dalam kategori 'geosite' di Toba Caldera. Zumri juga menekankan bahwa Pemprov Sumut telah melakukan upaya pengembangan pariwisata di Pulo Sibandang sejak setidaknya satu tahun terakhir.

Dukungan dari masyarakat desa, termasuk Desa Sibandang, Desa Papande, dan Desa Sampuran, juga menjadi faktor penting dalam upaya pengembangan wisata di kawasan tersebut. Kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat setempat dalam pembentukan kelompok sadar wisata serta pengembangan tempat menginap "homestay" menjadi langkah nyata dalam meningkatkan potensi pariwisata di Pulo Sibandang.

Selain itu, berbagai acara pariwisata dan budaya, seperti Festival Kaldera Toba, mendapatkan dukungan penuh dari Disbudparekraf Sumut. Acara tersebut tidak hanya menampilkan kegiatan budaya lokal tetapi juga memberikan edukasi kesehatan kepada masyarakat sekitar.

<12>

#HOT

0 Komentar

Belum ada komentar di artikel ini, jadilah yang pertama untuk memberikan komentar.

BERITA TERKAIT

BACA BERITA LAINNYA

POLLING

Apakah Anda Setuju dengan TAPERA? Semua Pekerja di Indonesia, Gajinya dipotong 3%